Rabu, 20 Mei 2009

Alur Aliran Kas


Slide 1 Keterkaitan yang erat antara Laporan Rugi Laba dan Neraca. Laba bersih yang tercermin dari Lap. RL akan terakumulasi dalam Ekuitas di Neraca.


Note : Penghasilan sudah dikategorisasi menurut format SPT Tahunan (Orang Pribadi).
Slide 2

Alternatif untuk memperbesar Aktiva jika Laba bersih (Residual Income) tidak dimiliki, yaitu dengan memperbesar utang.


Slide 3
Gambar di samping menunjukkan bahwa Aktiva yg seharusnya bisa bertambah dengan diperolehnya Laba Bersih Setelah Pajak (Earning After Tax) tetapi malah bertambah karena Utang.
Slide 4
Jika kedua alternatif tsb digunakan semuanya (EAT maupun utang) untuk menambah aset, mestinya aset (aktiva) bertambah sebesar MAKSIMAL jumlah kedua alternatif tsb. Jika penambahan aktiva lebih besar dari jumlah keduanya, berarti MASIH ada penghasilan yang sebelumnya belum dilaporkan.
Slide 5Penghasilan yg belum dilaporkan sebelumnya tsb masyarakat dihimbau agar melaporkan dan membayarkan pokok pajak yang terutang karenanya. Karena periode pengampunan sanksi yang singkat (sesingkat terbenamnya matahari), maka kebijakan tsb dinamai Sunset Policy.

Tidak ada komentar:

BigPict2 - Penyempitan Makna dlm Tugas yg Diemban Seksi Waskon

Waskon potensi tugasnya ya menggali potensi. Per definisi Current & Existing Risk, aktivitas ini dilakukan secara menyeluruh terhadap s...